Sampaikan informasi, aspirasi, ide, kritik & saran via e-mail : rt03rw01ngagliklama.smg@gmail.com

Rabu, 24 Oktober 2012

Convex Mirror (Cermin Cembung) Penyelamat Warga

Convex Mirror (Cermin Cembung) Penyelamat Warga

Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalulintas di dalam kampung terutama di tikungan, perlu pemasangan cermin cembung yang dipasang di pinggir jalan.




Tujuannya agar pengguna jalan tidak mengalami terjadinya kecelakaan.

Hal ini seperti yang terlihat di salah satu jalan, di RT 01/RW 04 Kelurahan Lempongsari.

Inisiatif warga yang sangat positif ini perlu dicontoh di lingkungan perkampungan atau perumahan lain yang kira kira jalan kampungnya ada banyak jalan tikungan yang rawan kecelakaan.

Menurut informasi, di lokasi tersebut terdapat dua cermin cembung yang dipasang warga dengan biaya swadaya. Karena di wilayahnya terdapat banyak tikungan yang sudah semestinya butuh cermin cembung.


Sumanto, warga setempat membenarkan, pemasangan cermin cembung ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan. “Apalagi di sini tikungannya lumayan tajam, dan pemasangan cermin cembung ini sudah mendapatkan izin dari Dishub Kota Semarang,” ujarnya.

Dengan pemasangan cermin cembung, katanya, diharapkan para pengendara sepeda motor dan mobil bisa lebih berhati-hati dan membantu  agar tidak terjadi kecelakaan. Karena ruas jalan di tempat tikungan tidak dapat terlihat dari arah berlawanan sehingga sangat membahayakan.

Terpisah Lurah Lempongsari, Sarjuno mengatakan, pemasangan cermin cembung itu dilakukan sendiri oleh warganya. Terdapat dua titik pemasangan dan cermin cembung yang satunya di Jalan Lempongsari Timur saat ini masih pecah.

“Inisiatif ini memang baik dengan memasang cermin cembung di tikungan. Sehingga pengendara bisa melihat kendaraan lain yang akan lewat secara berlawanan arah meski kondisi jalan tidak lurus,” jelasnya.



Nah… Bagaimana nih warga Ngaglik Lama, Saya merasakan kerawanan itu sering terjadi di perempatan jalan di dekat kantor Kelurahan Bendungan dan perempatan di dekat rumahnya Bapak Joko.


Bila ada kendaraan yang akan naik ke jalan depan rumah Bapak Joko, biasanya ambil ancang ancang dari bawah (depan Kelurahan) dan biasanya menambah kecepatan. Bila dari arah berlawanan ada kendaraan yang melaju turun, pasti bila bertemu di perempatan tersebut akan kaget dan sudah sering terjadi hampir  tabrakan.



Mungkin ada donatur yang akan menyumbang untuk pemasangan Convex Mirror tersebut, seperti halnya donatur portal? ditunggu partisipasinya.....

1 komentar:

  1. Pak, prosedur izin ke DisHub apa ya pak? warga kami juga ingin pasang cermin convex dan polisi tidur.

    Terima kasih,
    Mranggen, Demak

    BalasHapus